Indentitas Diketahui, Polisi Buru Penghasut Kerusuhan Demo UU Ciptaker

Jakarta Terkini - Polisi telah menetapkan setidaknya 10 orang tersangka yang diduga melakukan penghasutan dan provokasi dalam kasus kerusuhan aksi unjuk rasa atau demonstrasi Omnibus Law UU Cipta Kerja di Jakarta beberapa waktu lalu. Mereka itu merupkan orang-orang yang memprovokasi massa lewat media sosial.

Editor: La Ode Ali

JAKARTA, - Polisi telah menetapkan setidaknya 10 orang tersangka yang diduga melakukan penghasutan dan provokasi dalam kasus kerusuhan aksi unjuk rasa atau demonstrasi Omnibus Law UU Cipta Kerja di Jakarta beberapa waktu lalu. Mereka itu merupkan orang-orang yang memprovokasi massa lewat media sosial. 

Akan tetapi, dikatakan Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jendral Polisi Nana Sudjana sejatinya ada dua kelompok penghasut dalam aksi unjuk rasa itu. Pertama kelompok pengasut melalui media sosial. Kedua penghasut secara langsung yang saat ini dalam pengejaran. 

"Lalu ajakan secara langsung mereka diajak seseorang dan terkait ajakan yang secara langsung itu kami juga sudah memprofiling dan terus kami kejar pada mereka ini," ujar Nana kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Selasa (27/10/2020) dikutip dari rri.co.id.

Hal serupa juga dikatakan Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus. Menurutnya ada dua cara mereka untuk mengajak para pelajar untuk ikut dalam aksi unjuk rasa dan berujung ricuh itu. Pertama melalui media sosial dan yang kedua dengan mengajak langsung. 

"Yang mengajak langsung ini sudah kita profiling orang-orangnya, sedang kita lakukan pengejaran," tutur Yusri. 

Yusri menyebut orang yang mengajak langsung para pelajar untuk berdemo tak segan-segan menyiapkan transportasi seperti truk, bus, bahkan kereta api dari daerah-daerah. 

"Ini sudah profiling, nama-namanya sudah ada, kita sedang kejar mereka-mereka semuanya," tuntas Yusri menegaskan.

Artikel ini telah tayang di rri.co.id dengan judul"Identitas Diketahui, Penghasut Kerusuhan Demo Diburu Polisi".

Artikel Terbaru