Pemdes Bonelalo Bakal Kembangkan Hutan Bakau sebagai Destinasi Wisata

Buton Terkini - Pemerintah Desa (Pemdes) Bonelalo, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara berencana akan mengembangkan hutan bakau untuk dijadikan salah satu destinasi wisata di desa tersebut.

Editor: La Ode Ali

BUTON, - Pemerintah Desa (Pemdes) Bonelalo, Kecamatan Lasalimu, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara berencana akan mengembangkan hutan bakau untuk dijadikan salah satu destinasi wisata di desa tersebut.

Kepala Desa Bonelalo, La Ode Asman mengatakan, rencana pengembangan hutan bakau tersebut diagendakan pada tahun 2021 mendatang yang berjarak sekira 100 meter dari perkampungan. 

"Rencana di 2021 itu kita akan kelola atau kembangkan hutan bakau sebagai tempat wisata," katanya belum lama ini.

Terkait itu lanjut Asman, langkah pertama yang akan dilakukan adalah terlebih dahulu membuka akses jalan menuju hutan bakau dengan menggunakan anggaran dari dana desa (DD) tahun 2021.

"Rencana kami akan buka jalan lingkungan dulu menuju pantai hutan bakau itu, kita juga sudah bahas melalui Musrembang di desa," ujarnya.

Meski begitu tambah dia, pihaknya belum bisa memastikan apakah program tersebut dapat terealisasi atau tidak, mengingat masa pandemi Covid-19 dewasa ini.

"Tapi lagi-lagi kami lihat jangan sampai ada kendala, apalagi kita ini masih hadapi Covid, jangan sampai berlanjut, otomatis pengalihan dana untuk pembangunan terkendala lagi," imbuhnya.

Mengenai program Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI yang meminta agar para kepala desa membikin desa wisata, disambut baik oleh Pemdes Bonelalo. 

Menurut Asman, salah satu bentuk dukungan pihaknya terkait program Kemenparekraf itu, maka rencana destinasi wisata yang akan dikembangkan yaitu hutan bakau. 

"Kita sangat apresiasi program dari Kementerian itu, untuk itu kami akan siapkan hutan bakau untuk dijadikan destinasi wisata di 2021 nanti," pungkasnya. 

Baca Juga

Artikel Terbaru