Pemdes Gunung Jaya Habiskan Dana Rp24 Juta untuk Kader Pertanian

Buton Terkini - Tiap tahun, Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, menghabiskan anggaran sebesar Rp24 juta untuk kader-kader pertanian. Hal itu dilakukan sejak tahun 2019 yang bersumber dari dana desa.

Editor: La Ode Ali

BUTON, - Tiap tahun, Pemerintah Desa (Pemdes) Gunung Jaya, Kecamatan Siotapina, Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara, menghabiskan anggaran sebesar Rp24 juta untuk kader-kader pertanian. Hal itu dilakukan sejak tahun 2019 yang bersumber dari dana desa.

"Dari 2019 itu, kita sudah anggarkan 24 juta per tahun untuk kader-kader pertanian," kata Kepala Desa Gunung Jaya, La Rusli, Sabtu (5/12/2020).

Anggaran tersebut lanjut Rusli, diberikan kepada dua orang kader pertanian yaitu Lantuti dan Landingi, keduanya merupakan warga Desa Gunung Jaya.

"Jadi dari anggaran itu, mereka membina para petani yang ada di desa, mulai dari pembukaan lahan, sampai pada penanaman," ujarnya. 

Menurutnya, dengan adanya kader-kader pertanian tersebut, hasil pertanian di Desa Gunung Jaya terbilang berhasil, seperti bawang dan kacang tanah. 

"Dengan adanya kader pertanian, hasil pertanian di Gunung Jaya berhasil, mayoritas itu tanaman holtikultura dan ubi-ubian, bawang merah dan kacang tanah," ungkapnya.

Baca Juga

Artikel Terbaru