Semangat Hari Sumpah Pemuda, Sejumlah Pemuda Buton Bentuk FKP

Dalam rangka menyambut semangat Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 tahun yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2019, sejumlah Pemuda Kabupaten Buton sepakat untuk membentuk Forum Komunikasi Pemuda (FKP) Kabupaten Buton.

Editor: La Ode Ali

BUTON,- Dalam rangka menyambut  semangat Hari Sumpah Pemuda (HSP) ke-91 tahun yang jatuh pada tanggal 28 Oktober 2019, sejumlah Pemuda Kabupaten Buton sepakat untuk membentuk Forum Komunikasi Pemuda (FKP) Kabupaten Buton. 

Gagasan sejumlah pemuda itu disambut baik oleh Kapolsek Pasarwajo IPTU La Ode Made. Menurutnya, pemuda adalah garda terdepan dalam mendukung tugas-tugas kepolisian, khususnya mewujudkan keamanan dan ketertiban masyarakat di bumi penghasil aspal ini. 

Disamping itu, pemuda merupakan pilar kebangkitan sebuah bangsa atau daerah. Hal ini terbukti dalam sejarah dan dinamika perjalanan bangsa Indonesia selalu melibatkan pemuda didalamnya. 

"Olehnya itu saya mengajak seluruh pemuda Kabupaten Buton untuk berdiri dalam satu bingkai, lepas dari kepentingan lain, bersama-sama Kepolisian menjaga keamanan dan ketertiban di daerah (Buton) yang kita cintai ini," pesan mantan Kapolsek Wangi-wangi ini, usai berdiskusi bersama sejumlah pemuda Buton di Warung Coffe Shop, Pasarwajo, Selasa (15/10/2019). 

Sementara itu, salah satu Pemuda Kabupaten Buton Muhammad Risman mengatakan FKP terbentuk untuk mensukseskan kegiatan Hari Sumpah Pemuda ke-91. 

Dikatakannya juga, momentum Sumpah Pemuda merupakan hari bersejarah dalam persatuan dan kesatuan pada masa perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia. 

Maka melalui momentum itu, beberapa pergerakan Pemuda Buton bersama-sama hadir pada pertemuan disalah satu tempat kedai kopi di Pasarwajo yang menghasilkan kesepakatan bersama untuk membentuk FKP Kabupaten Buton. Ditunjuk sebagai Ketua pelaksana yakni Muhammad Risman, Sekretaris La Ode Ali serta Bendahara Saiful Anwar.

Baca Juga: Bupati Buton Ajak Masyarakat Jaga Kerukunan Antar Umat Beragama

“Alhamdulillah, semangat menyongsong HSP ke-91 dapat digalangkan untuk dilaksanakan. Berharap dalam pertemuan tadi sore dapat ditindaklanjuti dengan lebih bersemangat apalagi tadi sudah disepakati untuk membentuk FKP sebagai wadah pelaksana kegiatan dan tujuan forum ini agar pemuda bersuara dan harus berperan dalam mengisi pembangunan daerah”.

Masih kata dia, kegiatan FKP Buton kedepan akan melaksanakan konsolidasi dan ajakan kepada seluruh Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) serta akan mengkoordinasikan dengan pihak-pihak terkait diantaranya Pemerintah Daerah (Pemda), TNI, Polri dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) lainnya agar dapat terlaksana dengan baik.

Baca Juga: Polisi di Buton Ajak Mahasiswa Serukan Perdamaian

“Diharapkan kegiatan ini dapat disukseskan, terutama koordinasi dengan OKP, karang taruna baik tingkat desa maupun kecamatan, sehingga menjadi prioritas karena ini momentum pemuda pada tanggal 28 Oktober akan datang,”tuturnya.

Baca Juga: Karang Taruna Buton Bakal Gelar Konsolidasi

“Jadi nanti kita undang kepada semua pemuda di tujuh kecamatan minimal ada perwakilan disetiap kacamatan. Entah apa yang akan dibahas itu akan berkembang dirapat selanjutnya," pungkasnya.


Penulis: Rin

Baca Juga

Artikel Terbaru