Tingkatkan Olahan Produk Kelapa, Pemda Buton Gandeng PT Krambil Idjo Jogjakarta 

 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton, Sulawesi Tenggara dibawah kepemimpinan La Bakry sebagai Bupati Buton semakin serius mengembangkan potensi hasil pertanian dan perkebunan di daerahnya. Salah satunya adalah tanaman kelapa yang dapat menghasilkan berbagai produk turunan seperti minyak kelapa. 

Editor: Syahrin

BUTON, -  Pemerintah Daerah Kabupaten Buton, Sulawesi Tenggara dibawah kepemimpinan La Bakry sebagai Bupati Buton semakin serius mengembangkan potensi hasil pertanian dan perkebunan di daerahnya. Salah satunya adalah tanaman kelapa yang dapat menghasilkan berbagai produk turunan seperti minyak kelapa. 

Hal ini diwujudkan dengan melakukan kerjasama (MoU) dengan PT. Krambil Idjo Jogjakarta. MoU tersebut ditandatangani langsung oleh Bupati Buton, La Bakry dengan Direktur PT. Krambil Idjo Jogjakarta, Syaukani Bowo Laksono, bertempat di Ruangan Aula Kantor Bupati Buton, Sabtu (7/03/2020).

Kegiatan pendatanganan MoU ini disaksikan oleh Sekretaris Daerah La Ode Zilfar Djafar, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Dosen Institut Pertanian Bogor (IPB) selaku  penggerak wirausaha muda berprestasi tingkat nasional, Dr. Soni Trison, Ketua Pengurus KSU Indonilkas bidang usaha pertanian, perkebunan, perikanan Sultra dan para peserta pengolahan produk Kelapa.

Pada kesempatan tersebut, La Bakry mengawali sambutannya menyampaikan terimakasihnya kepada kepada Direktur PT. Krambil Idjo Jogjakarta yang mau melakukan kerjasama bersama Pemkab Buton mengenai Konsorsium Pengolahan produk kelapa di daerahnya. 

Pun demikian dengan hadirnya Dosen IPB Dr. Soni Trison, juga selaku pemateri pada kegiatan ini, Ketua DPD Golkar Buton ini mengucapkan apresiasi, karena telah bersedia meluangkan waktunya untuk hadir guna memberikan masukan kepada masyarakat khususnya para peserta pengolahan produk kelapa di bumi penghasil aspal ini. 

Suami Delia Montolalu ini berharap dengan kerjsama tersebut nantinya Kabupaten Buton menjadi salah satu daerah yang bisa mandiri. "Semoga kerjasama dengan pihak PT. Krambil Idjo Jogjakarta secara terus-menerus," ucapnya. 

Ditempat yang sama, Direktur PT. Krambil Idjo Jogjakarta, Syaukani Bowo Laksono, mengatakan apresiasinya terhadap Pemkab Buton karena telah melakukan kerjasama dengan PT. Krambil Idjo Jogjakarta.

Menurutnya, penggunaan produk kelapa sangat penting dan bermanfaat dalam kehidupan sehari-hari, terutama minyak kelapa. Menurutnya, minyak kelapa tidak mengandung kolestrol, melainkan bisa menyembuhkan segala macam penyakit yang ada.

Sementara itu Dosen IPB, Dr Soni Trison, dalam sambutannya mengatakan bahwa pentingnya kerjasama dengan pihak Perusahaan. Selain itu, penting juga bagi Pemkab Buton untuk membuat kelembagaan karena menurutnya kelembagaan itu sangat penting agar kerjasama pengolahan produk kelapa dapat tersistematis.

"Penting Kabupaten Buton melakukan kerjasama dengan pihak nasional maupun internasional agar pengolahan produk kelapa bisa di tahu oleh masyarakat luas serta juga mengajak masyarakat kabupaten untuk memanfaatkan kerja sama ini agar nantinya masyarakat mendapatkan manfaat," katanya.

Sekedar diketahui, selain penandatanganan MOU, kegiatan ini dirangkaikan dengan pelatihan pengolahan produk kelapa dengan mengambil tema "Melalui Akselerasi Rumah Produk Krambil Idjo dan Indo Nilkaz Sebagai Kontribusi Positif Pengembangan Produksi Kelapa Dalam Mewujudkan Gerakan Kelapa Tiga Kali Ekspor". 

Penulis : Rusli La Isi

Editor : Rin

Baca Juga

Artikel Terbaru